Home About Us Products Articles Contact Us
Products Articles
Wallpapers Collection


Find Us On
Cara Memasang Wallpaper Dinding
30/07/2015

Cara Memasang Wallpaper Dinding

Wallpaper dinding sudah digunakan di rumah-rumah sejak abad 16. Hingga saat ini wallpaper sudah bertransformasi dengan berbagai gaya, warna dan tekstur yang tampak memanjakan mata. selain itu saat ini juga sudah banyak dekorator yang memberikan jasa Mereka untuk meamsang wallpaper dinding ini. Namun begitu tentunya memasang sendiri lebih mengasyikan. Ingin tahu bagaimana tahap memasangnya? Berikur ulasannya untuk Anda.

Persiapan Pemasangan Wallpaper Dinding

  1. Matikan terlebih dahulu listrik untuk melindungi outlet dan diri Anda sendiri. Anda juga sebaiknya menutupi panel, baik itu outlet dan switch menggunakan stiker kertas.
  1. Jika sebelumnya Anda pernah memasang wallpaper, ada baiknya untuk menghapusnya terlebih dahulu. Hal ini untuk mencegah jika nantinya wallpaper yang baru tidak merekat dengan baik.
  1. Selanjutnya bersihkan dinding secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan pembersih dinding biasa dan membiarkannya kering terlebih dahulu. Ini sangat penting untuk menghilangkan jamur setiap meletakkan wallpaper baru. Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan campuran 2 cangkir pemutih pada setiap 1 galon air.
  1. Alat dan bahan.

Tahapan Pemasangan Wallpaper Dinding

  1. Anda harus melebihkan sekitar 5 inci untuk ujung kertas ke arah pintu dan kusen jendela. Tandai tempat pemotongan menggunakan pensil. Selanjutnya gambar garis vertikal dari langit-langit hingga ke lantai, lalu beri tanda. Garis tersebut nantinya yang menjadi titik awal ketika memasang wallpaper.
  1. Oleskan pasta wallpaper ke belakang kertas atau Anda bisa mengikuti petunjuk di bungkus wallpaper tersebut. Jangan lupa siapkan gunting yang baik, sehingga pemotongan dapat berjalan dengan lancar.
  1. Lanjutkan dengan meletakkan wallpaper ke seluruh bagian dinding. Hati-hati agar tidak salah saat meletakkannya dan tekan kuat juga ke dinding agar tidak terkelupas lagi. Selanjutnya Anda bisa meratakannya menggunakan sikat khusus. Hal ini ditujukan agar keriput atau buih menghilang. Gosok ke arah tepi, agar udara di dalam gelembung tersebut dapat keluar.
  1. Setelah itu rapihkan sisi-sisi kertas yang bersentuhan dengan bibir kusen. Potong bagian yang berlebih menggunakan gunting atau cutter.
  1. Tahapan terakhir yang harus Anda lakukan hanya perlu untuk membersihkan bagian lem atau perekat yang keluar di sisi-sisi kertas wallpaper. Anda bisa membersihkannya menggunakan spons basah. Selanjutnya diamkan selama 15 menit untuk memastikan semua sisi-sisi bersih tanpa kelebihan lem.
  1. Jangan lupa untuk merawatnya secara konsisten agar terjaga dari jamur.

Kesimpulan

Pada dasarnya memasang wallpaper dinding itu mudah, semudah Anda membuat kerajinan tangan ataupun membuat makalah dengan kertas dan lem. Yang membedakan mungkin hanya ukurannya yang disesuaikan dengan luas ruangan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda melakukan hal ini bersama orang lain, sehingga hasilnya lebih rapih. Selain itu jangan lupa juga untuk memastikan furnitur tidak mengenai wallpaper, yang mana dapat menyebabkan cacat. Jangan lupa juga untuk memberi sedikit spasi setiap menyimpan meja, lemari ataupun ranjang.



Back